Menu

Mode Gelap
Berganti Nama, BPR Tuah Karimun Siap Melayani UMKM yang Ingin Modal 309 Santri se Kecamatan Meral Diwisuda, Bupati : Semoga Menjadi Anak yang Sholeh Baru Buka, 757 Coffee Shop Adakan Diskon dan Nobar Pengurus APDESI Kab Karimun Dikukuhkan, H. Muklis Jabat Ketua Dilepas Gub Ansar, Jalan Santai HUT PGRI ke 78 Bertabur Hadiah

KARIMUN · 27 Jul 2023 14:52 WIB

Wabup Anwar Hasyim Serahkan Bantuan Ekonomi Produktif dari Baznas dan MUI


 Wabup Anwar Hasyim Serahkan Bantuan Ekonomi Produktif dari Baznas dan MUI Perbesar

BETANJAK.COM, KARIMUN _ Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Karimun bekerjasama dengan MUI mendistribusikan bantuan ekonomi produktif 2023.

Bantuan ini diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim, Kamis ( 27/07/2023) di Gedung  Asrama Haji Poros, Kabupaten Karimun.

Bantuan yang diserahkan ini berupa peralatan memasak, jaring dan lainnya.

Ketua Basnas Kabupaten Karimun H. Nasrial mengatakan, bahwa  penerima bantuan ekonomi produktif 2023 berjumlah 20 orang. Dirinya berharap dengan bantuan ini, penerima bantuan dapat miningkatkan ekonomi keluarganya, sehingga kedepan tidak lagi menjadi mutahik namun menjadi penyumbang zakat.

”  Penerima bantuan ini ada dari kelompok nelayan, petani dan pelaku UMKM dengan total bantuan sebesar 3 juta rupiah.,” ujar Nasrial.

Lanjut Nasrial, jika dibandingkan tahun sebelumnya penerima bantuan ekonomi produktif  bisa mencapai 40 an orang, namun karena keterbatasan dana zakat yang terima sehingga tahun 2023 ini hanya 20 an orang saja. Untuk itu dirinya berharap pemerintah daerah dalam hal ini Bupati, untuk membuat Perbup supaya zakat ASN dapat  dipotong langsung, sehingga dana zakat di Basnas dapat seperti dahulu lagi.

“Kalau tahun_tahun sebelumnya  penerima bantuan ekonomi produktif ini sampai 40 an orang. Namun  karena terjadi covid dan tahun 2023 ini zakat ASN tidak lagi langung dipotong oleh SKPD masing_ masing, maka pendapatan zakat menurun draktis,” Ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim mengatakan, menyambut baik bantuan yang diserahkan oleh Basnas dan MUI ini. Dirinya juga mengajak Basnas untuk duduk bersama dengan dinas terkait untuk menggelar rapat, agar permasalahan Baznas terkait zakat ini bisa diatasi, sehingga program Basnas dalam mengumpulkan zakat ASN dapat dilakukan, karena dengan dana yang cukup apapun program Basnas seperti bedah rumah, bantuan pendidikan, bantuan orang sakit dan lainnya dapat dilakukan kembali seperti dahulu.

” Atas nama pemerintah daerah dan pribadi kami mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang tidak terhingga kepada ketua dan pengurus Basnas serta MUI yang telah memberikan bantuan kepada masyarakat. Saya berpesan kepada penerima bantuan, supaya dananya dimanfaatkan  dengan baik dalam mengembangkan usahanya,” ujar Wabup Anwar Hasyim.

Dalam kegiatan ini, turut dilaksanakan kegiatan pembinaan UMKM oleh DISKOP _ESDM  Dinas Koperasi Usaha Mikro, Pedagangan dan Energi Sumber Daya Mineral Kabupaten Karimun. RED/CW.

Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Raih 3 Kursi di DPRD Karimun dan 1 Kursi DPRD Provinsi, Partai Nasdem Dukung Zulkhainen ke Pilkada

21 Februari 2024 - 13:07 WIB

Bea Cukai Karimun Amankan WNA Malaysia Pembawa Narkoba

12 Februari 2024 - 12:18 WIB

Masa Tenang, Bawaslu Karimun Copot Alat Peraga Kampanye

11 Februari 2024 - 12:39 WIB

Melalui Senam Sehat, KPU Karimun Sosialisasikan Pemilu 2024

10 Februari 2024 - 11:30 WIB

Satlantas Polres Karimun, Musnahkan Ratusan Knalpot

7 Februari 2024 - 19:35 WIB

Bupati Aunur Rafiq Apresiasi Kehadiran PT. Karimun Power Plant  

7 Februari 2024 - 17:26 WIB

Trending di KARIMUN