Menu

Mode Gelap
Berganti Nama, BPR Tuah Karimun Siap Melayani UMKM yang Ingin Modal 309 Santri se Kecamatan Meral Diwisuda, Bupati : Semoga Menjadi Anak yang Sholeh Baru Buka, 757 Coffee Shop Adakan Diskon dan Nobar Pengurus APDESI Kab Karimun Dikukuhkan, H. Muklis Jabat Ketua Dilepas Gub Ansar, Jalan Santai HUT PGRI ke 78 Bertabur Hadiah

KARIMUN · 21 Okt 2023 13:35 WIB

Wabup Anwar Hasyim Buka Festival Gasing dan Layang_layang Dispora


 Wabup Anwar Hasyim Buka Festival Gasing dan Layang_layang Dispora Perbesar

BETANJAK.COM, KARIMUN _ Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim membuka secara resmi Festival Gasing dan Layang_layang yang dilaksanakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga  Kabupaten Karimun.

Wakil Bupati Anwar Hasyim, mengatakan menyambut baik dan mengapresiasi Festival Gasing dan Layang_layang yang dilaksanakan oleh Dispora Kabupaten Karimun. Dirinya berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan setiap tahunnya.

Kita berharap kedepan festival Gasing dan Layang _layang ini harus kita teruskan  dan dilakukan setiap tahuannya,  biar permainan  tradisional ini berkembang, sehingga  generasi kita tahu tentang olahraga ini. Untuk itu arus terus dikembangkan di Kabupaten Karimun,” ujar Wabup Anwar Hasyim.

Wabup juga berharap di Kabupaten Karimun nanti terbentuk oraganisasi Kormi, supaya olahraga tradisional ini dapat ternaungi dan terakomodir.

Saya berharap,  kalau even ini terus dilakukan pialanya dibuat agak besar sedikit. Kalau perlu pialanya berbentuk Gasing dan layang_layang supaya ada motivasinya. Dan saya juga berharap kedepan ada organisasi Kormi di Kabupaten Karimun,” harapnya.

Kapala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karimun, Usman,  mengatakan bahwa kegiatan festival Gasing dan Layang _layang ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Karimun ke 24 dengan tujuan mengembangkan dan memunculkan bakat permainan tradisional di Kabupaten Karimun yang salah satunya adalah gasing.

Festival Gasing dan Layang_layang ini dilaksanakan selama dua hari yakni dari tanggal 21 dan 22  September.  Dimana yang  pertama dilaksanakan yakni Gasing dengan jumlah peserta sebanyak 20 komunitas yang berasal dari perwakilan  negeri jiran kita Singapura, kemudian dari  Kota Tanjung Panang, Bintan, Pelalawan, Inhil dan tuan rumah  Kabupaten  Karimun. Sementara untuk Layang_layang diikuti 120 Layang_layang,” ujar Usman.

Diketahui untuk lomba Gasing dibagi dalam dua kategori yakni kategori Uri ( waktu) dan Pangka. Sementara untuk Layang_layang  kategori  tegak dan waktu.

Festival Gasing dan Layang_layang ini selain memperebutkan piala  dan piagam, juga berhadiah uang jutaan rupiah. RED/CW.

Artikel ini telah dibaca 20 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Ditutup Bupati, Kecamatan Tebing Raih Juara Umum MTQ XVI 2024

21 April 2024 - 22:50 WIB

Diumumkan Lewat Online, Ini Nama_nama Pemenang  Festival Lampu Colok dan Hias Idul Fitri

20 April 2024 - 20:55 WIB

Bakti Lubis Serahkan Berkas Pencalonan sebagai Bupati ke Partai Demokrat

20 April 2024 - 12:05 WIB

Puncak Peringatan HKG PKK ke 52 Bertabur Hadiah, Kec Moro Raih Juara Umum

19 April 2024 - 13:41 WIB

Gubernur Ansar Ahmad Buka MTQ XVI Tingkat Kab Karimun

17 April 2024 - 05:52 WIB

107 Dewan Hakim MTQ XVI Dilantik, Ini Pesan Bupati

16 April 2024 - 10:10 WIB

Trending di KARIMUN