Menu

Mode Gelap
Berganti Nama, BPR Tuah Karimun Siap Melayani UMKM yang Ingin Modal 309 Santri se Kecamatan Meral Diwisuda, Bupati : Semoga Menjadi Anak yang Sholeh Baru Buka, 757 Coffee Shop Adakan Diskon dan Nobar Pengurus APDESI Kab Karimun Dikukuhkan, H. Muklis Jabat Ketua Dilepas Gub Ansar, Jalan Santai HUT PGRI ke 78 Bertabur Hadiah

KARIMUN · 8 Sep 2023 09:10 WIB

PT Timah TBK Pasang Penahan Abrasi di Pantai Padang Kundur


 PT Timah TBK Pasang Penahan Abrasi di Pantai Padang Kundur Perbesar

BETANJAK.COM, KUNDUR — Guna mengurangi dampak abrasi yang terjadi di pinggir pantai, PT Timah Tbk memasang tanggul penahan abrasi di Pantai Padang Kundur Desa Kundur kecamatan Kundur Barat Kabupaten Karimun, Kamis 07/09/23.

Upaya mencegah abrasi juga dilakukan dengan penanaman mangrove di kawasan tersebut bersama masyarakat. Termasuk dalam memasang penahan abrasi ini PT Timah Tbk juga melibatkan masyarakat.

Adanya tanggul penahan abrasi ini dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar, pasalnya mereka tak cemas lagi air akan masuk ke dalam rumah.

“Saya senang dengan adanya pemasangan tanggul penahan abrasi yang dilakukan oleh PT Timah Tbk, sehingga saya dan keluarga tidak merasa cemas lagi air sampai ke pekarangan rumah apabila sedang pasang tinggi,” kata Sri Handayani warga Padang Kundur.

Sri menjelaskan, jarak rumahnya dengan bibir pantai cukup dekat, sehingga apabila musim hujan dan air sedang pasang tinggi pekarangan rumahnya sering tergenang air.

“Sekarang dengan adanya tanggul penahan abrasi yang dipasang oleh PT Timah selain mencegah serta mengurangi dampak abrasi semoga air laut pasang tidak menggenangi pekarangan rumah lagi,” ucapnya.

Senada, Saidi warga Padang Kundur menyampaikan sangat senang dengan adanya pemasangan Penahan Abrasi yang dilakukan oleh PT Timah Tbk. Ia berharap dengan adanya Tanggul Penahan Abrasi seperti ini dapat mengurangi abrasi sehingga tanah dan pemukiman masyarakat jadi lebih aman.

Sementara itu, Kepala Desa Kundur Marhalim mengapresiasi dukungan PT Timah Tbk yang telah membuat penahan abrasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Banyak manfaatnya ini. selain pantai tidak cepat abrasi yang membahayakan masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi pantai. Kedepan dapat dijadikan lokasi wisata baru di Desa Kundur karena disekitar lokasi pemasangan penahan abrasi terdapat hutan mangrove yang cukup subur,” katanya.

Sahar salah satu guru SMP Negeri 2 Kundur Barat menyampaikan sangat senang dengan adanya pemasangan tanggul penahan abrasi ini, karena abrasi telah menyebabkan lokasi sekolah sudah sangat dekat dengan pantai.

“Dulu bangunan sekolah jauh dari pantai, akibat abrasi saat ini bangunan sekolah khususnya tembok pagar sekolah bagian belakang sudah sangat dekat dengan bibir pantai sehingga sangat membahayakan,” jelasnya.

Kegiatan pemasangan penahan abrasi ini mendapat apresiasi dari Camat Kundur Barat Yusufian, menurutnya kepedulian perusahaan terhadap lingkungan cukup tinggi.

“Saya selaku Camat Kundur Barat menyampaikan terimakasih dan mengapresiasi PT Timah yang telah memiliki kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan,” ucapnya.

Mewakili pemerintah Kecamatan Kundur Barat berharap dan mendo’a kan semoga PT Timah dapat terus eksis dan berkembang sehingga dapat terus bekontribusi dan membantu masyarakat,” harapnya. (CW/Rls)

Artikel ini telah dibaca 37 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Ditutup Bupati, Kecamatan Tebing Raih Juara Umum MTQ XVI 2024

21 April 2024 - 22:50 WIB

Diumumkan Lewat Online, Ini Nama_nama Pemenang  Festival Lampu Colok dan Hias Idul Fitri

20 April 2024 - 20:55 WIB

Bakti Lubis Serahkan Berkas Pencalonan sebagai Bupati ke Partai Demokrat

20 April 2024 - 12:05 WIB

Puncak Peringatan HKG PKK ke 52 Bertabur Hadiah, Kec Moro Raih Juara Umum

19 April 2024 - 13:41 WIB

Gubernur Ansar Ahmad Buka MTQ XVI Tingkat Kab Karimun

17 April 2024 - 05:52 WIB

107 Dewan Hakim MTQ XVI Dilantik, Ini Pesan Bupati

16 April 2024 - 10:10 WIB

Trending di KARIMUN