Menu

Mode Gelap
Berganti Nama, BPR Tuah Karimun Siap Melayani UMKM yang Ingin Modal 309 Santri se Kecamatan Meral Diwisuda, Bupati : Semoga Menjadi Anak yang Sholeh Baru Buka, 757 Coffee Shop Adakan Diskon dan Nobar Pengurus APDESI Kab Karimun Dikukuhkan, H. Muklis Jabat Ketua Dilepas Gub Ansar, Jalan Santai HUT PGRI ke 78 Bertabur Hadiah

KARIMUN · 13 Sep 2023 19:59 WIB

Imigrasi Karimun Amankan 7 WNA Tiongkok, Ini Penyebabnya


 Imigrasi Karimun Amankan 7 WNA Tiongkok, Ini Penyebabnya Perbesar

BE.TANJAK.COM, KARIMUN_ Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Balai Karimun, Provinsi Kepri mengamankan sebanyak 7 Warga Negara Asing (WNA) asal Tiongkok pada Jumat 8 September 2023 atas dugaan tak menjalankan kewajibannya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 71 huruf b Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

Mereka terdiri dari 6 orang berjenis kelamin laki-laki dan 1 perempuan, diamankan petugas di salah satu hotel di Tanjung Balai Karimun.

“Ke 7 WNA asal Tiongkok tidak dapat menunjukkan dan menyerahkan dokumen perjalanan berupa paspor maupun izin tinggal pada saat diminta petugas,” ungkap Kepala Subseksi Intelijen Keimigrasian Kantor Imigrasi kelas II TPI Tanjung Balai Karimun, Ikhwan Izzan kepada wartawan, Rabu (13/09/2023).

Dikatakannya, pengamanan 7 WNA tersebut berawal dari laporan masyarakat mengenai keberadaan orang asing yang masuk ke Tanjung Balai Karimun bukan melalui pelabuhan internasional melainkan pelabuhan domestik.

Mendapati laporan itu langsung berkoordinasi dengan Kepala Kantor Imigrasi Karimun dan langsung mendapat perintah untuk melakukan pencarian keberadaannya, dan akhirnya ditemukan di salah satu hotel di Karimun. Selanjutnya mereka diamankan ke Kantor Imigrasi Karimun untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Hasil pemeriksaan di lokasi, orang asing tersebut tidak dapat menunjukkan dan menyerahkan dokumen perjalanan paspor, mereka juga tidak dapat menjelaskan maksud dan tujuan keberadaan di Karimun,” ujar Ikhwan Izzan.

Ia menyebutkan, selama menunggu proses pendeportasian terhadap 7 WNA tersebut akan dipindahkan ke rumah detensi imigrasi pusat di Tanjung Pinang.

“Ini merupakan langkah nyata yang dilakukan Kantor Imigrasi Karimun dalam menjalankan tugas dan fungsi keimigrasian, khususnya dalam hal penegakan hukum dan keamanan negara,” tegasnya.

Turut hadir mendampingi dalam kesempatan itu Kepala Subseksi Lalu Lintas Keimigrasian, Yogi Prayogi dan Kepala Subseksi Teknologi Informasi Keimigrasian, Gerson Enrifa Nusantara Silalahi. RED/CW.

 

Artikel ini telah dibaca 29 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Raih 3 Kursi di DPRD Karimun dan 1 Kursi DPRD Provinsi, Partai Nasdem Dukung Zulkhainen ke Pilkada

21 Februari 2024 - 13:07 WIB

Bea Cukai Karimun Amankan WNA Malaysia Pembawa Narkoba

12 Februari 2024 - 12:18 WIB

Masa Tenang, Bawaslu Karimun Copot Alat Peraga Kampanye

11 Februari 2024 - 12:39 WIB

Melalui Senam Sehat, KPU Karimun Sosialisasikan Pemilu 2024

10 Februari 2024 - 11:30 WIB

Satlantas Polres Karimun, Musnahkan Ratusan Knalpot

7 Februari 2024 - 19:35 WIB

Bupati Aunur Rafiq Apresiasi Kehadiran PT. Karimun Power Plant  

7 Februari 2024 - 17:26 WIB

Trending di KARIMUN